03.57 Henny Melvina 0 Comments

Method & Parameter



Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young. The greatest thing in life is to keep your mind young. 
Henry Ford


Good afternoon prenz *_^

Markitber...mari kita belajar mengenai Method dan Parameter dalam Java kali ini. Yukkkss..maree..

Method

Method adalah aktifitas dari sebuah atau lebih objek, dimana aktifitas dari objek juga dapat diturunkan ke objek anaknya. Jika berbicara tentang method berarti kita bicara tentang kemampuan dari objek dalam melakukan aktifitasnya. Sebagai contoh ada sebuah sepeda, dalam menjalankan fungsinya sepeda tersebut memiliki method dikayuh. Dalam setiap aplikasi ada sebuah metode yang bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program tersebut dieksekusi. Sementara dalam applet, metode yang pertama kali akan dieksekusi ketika applet diload adalah paint. Kata public didepannya mempunyai fungsi yang sama dengan kata public yang ada di depan baris permulaan kelas. Namun nantinya kita akan menemukan juga bentuk lain seperti private dan protect

Setiap pernyataan dalam sebuah metode dipisahkan oleh titik koma dan akan dieksekusi satu persatu. Kedua pernyataan pada listing ternyata memanggil sebuah metode lain yaitu metode println dan paint. 

Tentunya dapat Anda perhatikan bahwa untuk memanggil sebuah metode diperlukan tiga komponen yaitu:
1. Objek yang ingin kita pakai. Dalam hal ini objek System.out dan Graphics g.
2. Nama metode yang ingin kita pakai. Dalam hal ini println dan paint.
3. Sepasang tanda kurung yang berisi informasi tambahan yang diperlukan oleh metode yang dipanggil, yaitu parameter.


Bentuk umum method :

[modifier] tipe_return_value namaMethod(tipe parameter) {
    methodbody;
}


Method dasar ada dua jenis yaitu getter() dan setter()

Contoh :
public class Dog {
    private int weight; // information hiding
    public int getWeight() {   //getter
        return weight;  
    }
    public void setWeight(int newWeight) {   //setter
        weight = newWeight;
    }
}
public class TesDog {
    public static void main(String[] args) {
        Dog d = new Dog(); // membuat objek d
        d.setWeight(42); // input
        System.out.println(”Dog d’s weight is ”+d.getWeight())
}




Tampilan contoh penggunaan method dan parameter untuk segitiga seperti dibawah ini:













Tampilan contoh penggunaan method dan parameter (pengurangan dan pertambahan)








Ok deh, next time akan kita pelajari lebih lanjut lagi mengenai method dan parameter. Kali ini cukup sampai disini. Sampai jumpa dipost berikutnya...tengkyuhhh



Sumber:

http://www.master.web.id/mwmag/issue/04/content/tutorial-java-1/tutorial-java-1.html oleh Ary Hermawan

http://desember21.6te.net/?p=36

novrido.himatif.or.id/download/PBO_fundamental.doc


You Might Also Like

0 comments: